Pages

Subscribe:

Jumat, 02 November 2012

Sekilas Tentang Kanker Serviks (Kanker Mulut Rahim)


kanker Serviks sebagai pembunuh Wanita no.1 di dunia
 (Data WHO)

Apa itu kanker serviks?

Kanker serviks adalah kanker yang dimulai di leher rahim, bagian dari rahim (uterus atau) yang membuka ke vagina.Leher rahim adalah bagian bawah rahim (rahim). Hal ini kadang-kadang disebut serviks uterus. Tubuh rahim (bagian atas) adalah di mana bayi tumbuh. Leher rahim menghubungkan tubuh rahim ke vagina (jalan lahir). Bagian dari leher rahim paling dekat dengan tubuh uterus disebut endoserviks. Bagian samping vagina adalah exocervix (atau ectocervix). 2 jenis utama dari sel menutupi leher rahim adalah sel skuamosa (pada exocervix) dan sel-sel kelenjar (di endoserviks). Tempat di mana 2 jenis sel ini bertemu disebut zona transformasi. Sebagian besar kanker serviks dimulai di zona transformasi

Contoh gambar

Diagram of female reproductive organs

Sebagian besar kanker serviks dimulai dalam sel-sel yang melapisi leher rahim. Sel-sel ini tidak tiba-tiba berubah menjadi kanker. akan tetapi, sel-sel leher rahim normal pertama secara bertahap mengembangkan perubahan pra-kanker yang berubah menjadi kanker. Dokter menggunakan beberapa istilah untuk menggambarkan perubahan pra-kanker, termasuk neoplasia intraepithelial servikal (CIN), lesi squamous intraepithelial (SIL), dan displasia. Perubahan ini dapat dideteksi oleh tes Pap dan diobati untuk mencegah perkembangan kanker.

Kanker serviks dan serviks pra-kanker diklasifikasikan oleh bagaimana mereka terlihat di bawah mikroskop. Ada 2 jenis utama kanker serviks: karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Sekitar 80% sampai 90% dari kanker serviks adalah karsinoma sel skuamosa. Kanker ini berasal dari sel skuamosa yang menutupi permukaan exocervix tersebut. Di bawah mikroskop, kanker jenis ini terdiri dari sel-sel yang seperti sel-sel skuamosa. Karsinoma sel skuamosa paling sering dimulai di mana exocervix yang bergabung endoserviks.


Sebagian besar kanker serviks lainnya adalah adenocarcinoma. Adenokarsinoma serviks tampaknya telah menjadi lebih umum dalam 20 sampai 30 tahun terakhir. Adenokarsinoma serviks berkembang dari lendir-sel yang memproduksi kelenjar endoserviks. Secara umum, kanker serviks memiliki fitur dari kedua karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Ini disebut karsinoma adenosquamous atau karsinoma campuran.

Meskipun kanker serviks bermula dari sel dengan perubahan pra-kanker (pra-kanker), hanya beberapa wanita dengan pra-kanker serviks akan mengembangkan kanker. Perubahan dari kanker serviks pra-kanker serviks biasanya memakan waktu beberapa tahun, tetapi bisa terjadi dalam waktu kurang dari setahun. Bagi kebanyakan wanita, sel pra-kanker akan hilang tanpa pengobatan apapun. Namun, pada beberapa wanita pra-kanker berubah menjadi benar (invasif) kanker. Penanganan dini pra-kanker dapat mencegah hampir semua penderita kanker . 

Meskipun hampir semua kanker serviks yang baik karsinoma sel skuamosa atau adenocarcinoma, jenis lain dari kanker juga dapat berkembang di leher rahim. Jenis lainnya, seperti melanoma, sarkoma, dan limfoma, terjadi lebih sering pada bagian lain dari tubuh.






0 komentar:

Posting Komentar